cara mudah membuat foto cinemagraph

Seperti pepatah lama, "sebuah gambar bernilai seribu kata." Mengingat bahwa 65% populasi adalah pelajar visual , menggunakan gambar sebagai bagian dari pemasaran, kamu  dapat menjadi kunci untuk memastikan arti dari foto yang akan kamu sampaikan.

Sebagai orang yang suka berfoto, mungkin sudah sadar bahwa gambar itu penting. Mereka lebih mudah dicerna daripada sekumpulan kata di halaman dan dapat membantu mendukung konten kamu yang lain dengan menceritakan sebuah cerita dengan cara yang tidak dapat dilakukan oleh kata-kata. Entah di posting media sosial atau di posting blog, gambar membantu audiens kamu untuk lebih memahami apa yang kamu  bicarakan, polos dan sederhana.

Dan Apa itu cinemagraph, cinemagraph yaitu di mana  pada dasarnya adalah sebuah foto yang tadinya diam menjadi hidup atau bergerak dan hanya fokus ke satu objek di dalam foto tersebut.

dan sebuah cinemagraph benar-benar hanya sebuah GIF yang  format file yang sering digunakan untuk membuat animasi singkat dan tak terbatas. seperti contoh di bawah ini

 foto-cinemagraph
hasil akhir membuat foto cinemagraph

Sebuah foto cinemagraph bisa di posting ke media  sosial kamu seperti facebook,instragram,path dan yang lainya  untuk di pamerkan . Dan cara membuat foto cinemagraph sebenarnya sangat mudah  untuk dibuat, apalagi jika kamu sudah terbiasa dengan program seperti Photoshop.

media yang kamu butuhkan untuk membuat   foto cinemagraph  :
  • Alat perekam video (bisa menggunakan handphone atau pun kamera dlsr)
  • Tripod, atau cara lain untuk menjaga kamera tetap stabil dan benar - benar diam
  • Adobe Photoshop,Saat ini saya menggunakan Adobe Photoshop CC 2014 

Langkah pertama : apa yang ingin kamu buat

Ini mungkin tampak jelas, tapi foto cinemagraph yang bagus perlu dipikirkan dengan baik. Jika kamu ingin membuat foto cinemagraph yang benar-benar menawan hati dan memikat yang melihat foto itu, kamu  harus memiliki rencana sebelum membuat foto cinemagraph

Pertimbangkan subjekmu Siapa atau apa itu? Tindakan apa yang sedang terjadi dalam video tersebut? Bagian mana yang akan bergerak, dan mana yang akan tetap diam?
Jaga pergerakan seminimal mungkin. Cinemagraph semuanya tentang kehalusan; mereka tidak mencolok.

Langkah kedua : Rekam video

Sebuah cinemagraph seperti foto hidup.
Pastikan kamu  memiliki banyak cahaya alami , atau cara untuk memberikan cahaya yang cukup saat memotret subjek yang kamu buat. membuat di luar rumah seringkali bisa menjadi cara termudah untuk mendapatkan pencahayaan yang bagus.

Gunakan tripod. Kamu  tidak ingin kamera  bergerak sama sekali selama proses ini, atau akan merusak efek cinemagraph dan membuat pengeditan menjadi lebih sulit.
Saat merekam, subjek kamu  harus bergerak sesedikit mungkin. Ingatlah apa yang kamu  inginkan hasil akhirnya - apa yang akan bergerak dan apa yang tidak akan terjadi.

Sekarang, berapa lama kamu harus merekam video ? kamu benar-benar hanya perlu memastikan bahwa kamu memiliki beberapa detik yang bagus dari video dimana subjeknya relatif masih tenang dan gerakan pun mantap.

Untuk membuat cinemagraph di atas, saya melakukan dua kali pengambilan yang berbeda, masing-masing sekitar 15 detik. Saya ingin memastikan bahwa saya memiliki setidaknya 5 sampai 10 detik dimana airnya mengalir dengan cukup halus sehingga saya bisa bekerja dengan mudah selama proses editing.

Langkah ketiga: Mengimpor dan Kliping

Setelah membuat video dari hasil rekaman  kemudian  saya mengimpornya ke Photoshop dengan membuka File> Import> Video Frames to Layers dan memilih file tersebut.

Mengimpor-dan-Kliping-cinemagraph
Mengimpor dan Kliping-cinemagraph

 Kemudian akan muncul jendela seperti gambar di bawah ini :

Mengimpor-dan-Kliping-cinemagraph

Pastikan Timeline terlihat di jendela kamu dengan membuka Window> Timeline. kamu harus secara otomatis melihat Frame Timeline, namun perlu diingat bahwa Photoshop juga memiliki Video Timeline, dan ini bekerja dengan cara yang sama.

Timeline


Setelah video kamu  di impor, kamu akan melihat semua bingkai yang diimpor di Timeline kamu (biasanya ditemukan di bagian bawah jendela Photoshop ).
Di Timeline, kamu dapat mengatur kecepatan pemutaran video yang kamu buat. Saya mengatur
 di 08 detik, kamu mungkin ingin bereksperimen dengan ini untuk menemukan frame rate yang tepat untuk video yang kamu buat.

Timeline-cinemagraph
Timeline cinemagraph

Atur Timeline kamu seperti gambar di atas  untuk mengulang , sehingga GIF foto kamu akan berputar tanpa batas (gambar di atas adalah gambar jenis gif  jadi lihat baik baik dengan seksama cara settingan dari gambar tersebut)

Timeline-setting-cinemagraph
timeline dan setting cinemagraph

Sekarang, putar ulang video di Photoshop dan hapus bingkai yang tidak kamu  perlukan sampai memiliki klip yang sama persis yang ingin kamu tampilkan.

frame-cinemagraph
frame cinemagraph

ini membantu kamu dalam proses editing jika kamu menghapus lapisan yang sesuai dengan frame yang telah di hapus, dengan cara itu mereka tidak sesuai dengan keinginan.
Saya hanya  mengimpor sekitar 4 detik video, dan jumlahnya mencapai sekitar 90 frame. Setelah saya menghapus semua frame tambahan yang tidak lagi saya butuhkan, saya sampai ke 10 frame keseluruhan, yang membuat video yang sangat singkat.

Langkah ke empat : Mengedit  Mask

Pada panel Layer, pilih layer mask dan klik pada ikon "Add Layer Mask" di bagian bawah panel (terlihat seperti persegi panjang dengan lubang di tengahnya).
Pastikan lapisan mask putih baru ini dipilih, dan bukan lapisan gambarnya.

mask-cinemagraph
mask cinemagraph

Dengan Brush Tool, kamu  akan mulai melukis di area yang ingin kamu  lihat pergerakannya. Ini membantu jika kamu  melihat salah satu frame berikutnya di video yang kamu buat, karena  akan dapat melihat lapisan yang berbeda di bawah mask.
Kamu  pada dasarnya menghapus area yang ingin kamu lihat pergerakannya, sambil menjaga agar tetap statis.

Pastikan tidak menggunakan alat Eraser. Masker sebenarnya tidak merusak seperti Penghapus, dan jika kamu secara tidak sengaja menutupi area yang ingin kamu pindahkan, masker lebih mudah diedit.

hasil-mask


Kemudian setelah itu   memilih semua frame di Timeline kamu , menduplikatnya dan kemudian membalik bingkai duplikatnya. seperti gambar di bawah ini 

memilih-semua-frame-di-Timeline
memilih semua frame di Timeline

Langkah terakhir : Mengekspor Cinemagraph yang kamu buat

Untuk mengekspor cinemagraph, kamu  akan pergi ke File> Save for web. Kotak dialog memiliki banyak pilihan tapi kamu benar-benar hanya perlu memastikan bahwa kamu hanya menyimpan file jenis type GIF .
kamu bahkan dapat memutar GIF di kotak dialog, hanya untuk melihat lagi hasil akhir yang kamu buat. Kemudian Klik Save  dan jadilah  foto cinemagraph yang kamu inginkan. Lihat juga : Cara membuat efek aquamarine dlsr dengan photoshop

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan