4 cara sukses melamar pekerjaan

melamar pekerjaan

di artikel sebelumnya saya telah membahas tentang cara mencari pekerjaan yang tepat dan di artikel sekarang akan membahas tentang 4 cara sukses melamar pekerjaan. yang pertama adalah :
1.tahu kelebihan dan kekurangan kita
Dalam membangun karir, kita sebaiknya selalu mengasah kelebihan kita dan memperbaiki kekurangan kita  . Kekurangan atau kelemahan orang itu macam -macam. ada yang pelupa, tidak sabaran, egois, dan masih banyak lagi. Sekarang coba tanya ke diri anda, apa kekurangan diri anda?  kalau  sudah tahu kekurangan diri anda, cobalah  cari cara buat mengatasi kekurangan itu. Misalnya, anda itu pelupa. cara mengatasinnya bisa dengan membuat catatan hal-hal yang harus dilakukan , jaditidak cepat lupa lagi karena tinggal lihat catatan yang anda buat.
sudah membahas  kelemahan, sekarang membahas kelebihan kunci mengasah  kelebihan itu adalah berani mencoba. Kita harus berani keluar dari zona nyaman kita. Berani menerima tanggung jawab. Berani gagal.  . Intinya berani melakukan sesuatu yang membawa kebaikan buat diri sendiri dan orang lain. Berani mencoba ini nantinya yang bakal membuat anda  belajar lebih banyak soal kekurangan dan kelebihan masing-masing

2.Harus punya kemampuan (skill) dasar untuk bekerja.
Untuk bisa dapet pekerjaan setidaknya anda harus punya yang namanya kemampuan dasar yang biasa disebut dengan skill. Skill itu sendiri ada dua macam : hard skill dan soft skill. Hard skill itu hubungannya lebih ke kemampuan teknis, misalnya programmer harus bisa memrogram, penyanyi harus bisa nyanyi. Hard skill itu kemampuan yang jadi syarat buat suatu pekerjaan dan biasanya banyak dipelajari di kursus, sekolah atau jurusan pas kuliah.
Sedangkan soft skill lebih ke kemampuan agan berhubungan dengan orang lain. Misalnya gimana caranya anda berbicara dengan orang (communication skill), punya empati untuk orang lain (emphaty / EQ), dan anda bisa membuat orang nyaman atau tidak, apakah anda bisa kerja sama dengan orang lain (team work), punya inisitatif, punya motivasi dan bisa mimpin diri sendiri dan orang lain (leadership),Soft skill pasti lebih sulit untuk dipelajari karena perlu pengalaman. Banyak orang yang mengasah soft skill caranya dengan aktif di berbagai organisasi,Yang pasti semua jenis dan tipe pekerjaan udah pasti perlu kemampuan-kemampuan dasar ini makanya kemampuan dasar ini penting.

3.Perluas Pertemanan.
 sebenarnya yang dimaksud adalah pertemanan. saya sejak kecil suka bergaul sama siapa aja , kebiasaan saya memangtidak suka bergerombol atau berkelompok, jadinya saya bisa diterima di pertemanan mana pun . Hal ini berkelanjutan sampaisaya SMK. orang yang gaulnya suka berkelompok sebenarnya membatasi diri untuk berteman dengan banyak orang karena orang jadi segan untuk mendekati kita. Nantinya tanpa disadari orang-orang yang kita kenal ini apakah temen SD, SMP, SMA, Kuliah, bekas rekan kerja dulu akan menjadi koneksi kita.ketika kita bekerja maupun melamar kerja
Kalau kita berteman sama siapapun, tidak pandang bulu, tidak pilih-pilih, suka menolong tanpa pamrih, saya yakin orang-orang akan mau berteman dengan anda . Dan kalau suatu hari andaperlu bantuan, apakah ada kesulitan atau butuh kerjaan,dan anda meminta tolong ke orang-orang ini mereka tidak akan segan-segan untuk membantu anda.
4.Pegang prinsip.
Walau bagaimana pun kita sebagai manusia harus punya prinsip.cari pekerjaan itu susah, cari pekerjaan yang sesuai dengan yang kita inginkan lebih susah lagi. Tapi bukan berarti kita menghalalkan segala cara untuk dapat pekerjaan atau posisi yang kita inginkan. Mungkin saya terkesan kolot atau basi, tapi saya tetap yakin kalau kita kerja keras, jadi orang jujur dan tidak menjatuhkan orang lain,saya yakin rejeki akan mengikuti Amin.
Kenapa buat menentukan mau kerja apa, berkarir dimana hal -hal seperti itu membingungkan? alasanya ada satu supaya ketika anda bekerja, anda selalu senang, tidak mudah lelah, nantinya anda bisa mencapai cita-cita yang anda inginkan. Jangan lupa sukses atau tidaknya kita tergantung pada usaha masing-masing dan tidak ada yang instan jadi kita harus terus belajar dan tetap mempertahankan semangat supayatidak mudah menyerah.
sekian artikel dari saya semoga bermangfaat baca juga artikel yang lainya ya di kolodit terimakasih.




Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan